Tingkatkan Potensi Desa, KKN Tim II UNDIP TA 2022/23 Lakukan Sosialisasi Pembuatan Bola-bola Singkong

  • Jul 28, 2023
  • LUWANG-TAYU

Desa Luwang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati. Desa ini memiliki potensi di bidang perkebunan khususnya singkong. Hal ini karena banyak masyarakat desa yang menanam singkong di pekarangan mereka. Namun sayangnya, hasil dari perkebunan singkong ini hanya dijual langsung saja dan tidak dimanfaatkan untuk diolah dahulu.

Kelompok KKN Tim II Undip TA 2022/2023 melakukan sosialisasi Penguatan dan Pemberdayaan UMKM berupa Pendampingan kepada Masyarakat tentang Upaya Pemanfaatan Singkong menjadi 
Makanan Siap Jual pada hari Kamis dan Jumat tanggal 20-21 Juli lalu. Sosialisasi ini sekaligus pelatihan pembuatan bola-bola singkong sebagai produk hasil dari pemanfaatan singkong menjadi makanan siap jual.

Sosialisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu warga Desa Luwang dan mereka pun dengan antusias turut serta dalam pembuatan bola-bola singkong. Bola-bola singkong ini merupakan salah satu cara pemanfaatan singkong agar bisa dijual. Inovasi dari tim kelompok KKN Desa Luwang adalah dengan menambahkan potongan coklat pada adonan bola-bola singkong. Olahan bola-bola singkong dinilai bisa meningkatkan potensi Desa Luwang sebagai desa penghasil singkong. Hal ini dikarenakan bola-bola singkong dapat dijual ketika sudah digoreng matang maupun dalam bentuk frozen.

Selain itu, cara pembuatan bola-bola singkong pun mudah. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan bola-bola singkong adalah:
- 200 gr singkong rebus
- 150 gr tepung tapioka
- 1 sdm gula halus
- 1/4 sdt baking powder
- 2 sdm tepung maizena
- potongan coklat batang
- garam secukupnya
- telur
- tepung panir
Sedangkan untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut.
1. Haluskan singkong rebus lalu campurkan semua bahan.
2. Untuk tepung tapioka, masukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit.
3. Aduk adonan sampai tidak terasa lengket di tangan.
4. Bentuk adonan jadi bulatan-bulatan kecil dan masukkan potongan coklat dalam bulatan adonan ini.
5. Masukkan bulatan adonan ini ke dalam telur dan balurkan tepung panir.
6. Goreng bulatan bola-bola singkong ini sampai kecoklatan.
7. Angkat dan tiriskan bola-bola singkong.

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan bola-bola singkong ini diharapkan dapat menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh masyarakat Desa Luwang untuk lebih memanfaatkan potensi Desa Luwang di bidang perkebunan, yaitu singkong. (Luwang, 28/7)